14.9.13

Bahasa Arab = Simbol Islam?

Hari ini saya bertemu seorang konsultan dari Jakarta di suatu hotel di Surabaya. Setelah selesai pembahasan tentang urusan kerja, kita enak ngobrol berbagai hal tentang Indonesia dari kacamata orang Jepang dan Jepang dari kacamata orang Indonesia.

Sejak dulu, ada satu hal yang saya merasa agak aneh. Dalam ceramah ulama, imam, atau guru agama Islam, mereka umumnya pakai Bahasa Arab. Muslim dan muslima diharapkan dapat membaca al-quran dengan Bahasa Arab. Maka, untuk memahami agama Islam secara benar, pemahaman Bahasa Arab itu rupanya wajib. Saya kagum mereka yang menguasai Bahasa Arab.

Pada waktu masih muda, saya juga selalu dibimbing oleh senior saya dengan mengatakan bahwa saya harus menguasai minimum Bahasa Indonesia kalau mau memahami tentang Indonesia. Dengan demikian, pembacaan koran berbahasa Indonesia seperti Kompas menjadi kewajiban saya sehari-hari. Maka, mungkin benar juga perlu menguasai Bahasa Arab untuk memahami agama Islam.

Memang perlu menguasai Bahasa Arab untuk memperdalam pengetahuan tentang agama Islam. Namun, yang menguasai Bahasa Arab belum tentu orang yang beragama Islam saja.

Dalam buku tentang Islam, terlihat banyak huruf Arab. Kalau ada huruf Arab, rupanya muncul suatu nuansa Islam.

Saya pernah mengunjungi suatu desa yang mencoba menerapkan Syariah Islam. Selain baju, ada petunjuk nama jalan yang huruf Roman digantikan dengan huruf Arab. Maaf, saya tidak bisa baca ini jalan apa. Ini berarti huruf Arab dianggap simbol Islam, bukan?

Dalam masa puasa dan lebaran, terlihat banyak huruf Arab dan kalimat Bahasa Indonesia yang ditulis seolah-olah seperti huruf Arab. Semuanya untuk nuansa Islam.

Namun, saya menyadari bahwa Bahasa Arab adalah Bahasa yang digunakan oleh masyarakat Arab. Masyarakat Arab tidak semuanya muslim. Ada juga yang beragama kristen dan lainnya. Mereka juga memakai Bahasa Arab dalam kehidupan sehari-hari.

Bagaimana kami seolah-olah merasa Bahasa atau huruf Arab diidentikkan dengan agama Islam?

Bahasa dan agama tidak perlu terikat satu sama lain. Bahasa Arab tidak dimiliki oleh muslim saja tetapi oleh masyarakat non-muslim yang hidup di wilayah Arab atau keluarga berasal dari Arab di seluruh dunia.

2 comments:

  1. Bagi orang Islam bahasa Arab adalah memiliki kedudukan yang istimewa, sensei ^^ karena dalam ajaran kami bahasa itulah yang diajarkan kepada nabi Adam oleh Allah SWT, selain itu semua perintah-perintah serta larangan yang ada dalam Al-Quran semuanya berbahasa Arab



    http://aceh.tribunnews.com/2013/06/02/bahasa-ahli-surga

    ReplyDelete
  2. Salam kenal Saya Syafitri TKI DI MALAYSIA
    Maaf sebelumnya jika lewat Tempat ini saya menceritakan kisah hidup saya niat saya hanyalah semata ingin berbagi tapi semua tergantung Anda percaya atau tidak yg jelasnya inilah kenyataannya...
    Syukur alhamdulillah kini saya bisa menghirup udara segar di indonesia karnah sudah sekian lama saya ingin pulang ke kampung halaman namun tak bisa sebab,saya harus bekerja di negri orang (Arab Saudi) karna ada hutang yang harus saya bayar di majikan yaitu 257 juta untuk uang indo namun saya tidak pusing lagi sebab kemaring saya di berikan Info oleh seseorang yang tidak saya kenal,katanya kalau mengalami kesulitan Ekonomi,Terlilit hutang silahkan minta bantuan sama
    KI BARONG di Nomor telfon 0852 8895 8775 di jamin bantuan beliau 100% …
    Atau,>>KLIK DISINI UNTUK INFO BANTUAN KI BARONG<<
    BANTUAN DARI KI BARONG
    1.PESUGIHAN
    2.TOGEL
    3. DANAH GHAIB
    4.PENGGANDAAN UANG
    5.UANG BALIK
    6.PEMIKAT
    7.PENGLARIS BISNIS (Jualan,Tokoh,warung)
    8.PERLANJAR DALAM BERBAGAI HAL
    Jadi saya beranikan diri menghubungi beliau dan menyampaikan semua masalah saya dan alhamdulillah saya bisa di bantu,kini semua hutang saya sama majikan di Saudi semua bisa terlunasi dan punya modal untuk pulang kampung,,,,
    Jadi buat yang pengen seperti saya silahkan hubungi KI BARONG di nomor 0852 8895 8775 Anda tidak usah ragu akan adanya penipuan atau hal semacamnya sebab saya dan yg lainnya sudah membuktikan keampuhan bantuan beliau kini giliran Anda trimahkasi….

    ReplyDelete